Ke Ancol dengan Bus TransJakarta



Hari Sabtu kemarin saya ada acara di sebuah resto dekat Ancol Mall, karena saya pergi sendirian, jadi saya bisa memilih transportasi sesuai hati saya, maka saya putuskan menggunakan bus Transjakarta.

Dari halte bis terdekat dengan rumah yaitu halte bis RS Harapan Bunda saya menunggu bis jurusan Kampung Rambutan ke Ancol yaitu bus 5E. Di halte bisa dilihat jadwal bis yang akan dinaiki, berapa lama lagi sampai di halte tersebut. Syukurlah bis 5E datang tidak lama lagi. Rute lengkap TransJakarta bisa dilihat disini. Dan rute bis 5E seperti gambar dibawah

Rute bis TransJakarta 5E

Perjalanan memakan waktu dua jam dan sampailah saya di halte Ancol, beli tiket masuk Ancol. Harga tiket 25 ribu

Tiket masuk Ancol





Dalam area Ancol ada angkutan seperti shuttle bus gratis yang dinamakan Wira Wiri, ada dua rute yang pertama rute selatan yang berwarna biru dan rute utara berwarna merah

Rute Selatan
- Gerbang Barat
- Busway (TransJakarta)
- Dufan
- Ecopark
- Pasar Seni
- Monumen
- Samudra/Atlantis

Rute Utara
- Marina
- Pantai Indah
- Monumen
- Gerbang Timur
- Ancol Lagoon 1
- Ancol Lagoon 2
- Carnaval

Saya berjalan sedikit ke arah Dufan dan kebetulan ada wira wiri yang menurunkan penumpang di Dufan saya langsung aja naik. Saat sampai di Halte Monumen (kalau ga salah) pak supir teriak teriak yang mau ke pantai transit disini. Karena saya mau ke arah pantai maka saya turun disini.

Beli minuman di mesin minuman (namun ada penjaganya yang akan membantu kalau kita kesulitan dengan mesin tersebut) dengan memasukkan uang 10 ribu. Tak berapa lama wira-wiri yang arah pantai lewat. Wira-wiri ini lewat di parkiran Ancol Mall saya pikir ada halte disana ternyata ga ada ya sudahlah saya berhenti di halte selanjutnya yang tidak terlalu jauh dari tempat acara.

Begitupun sebaliknya ya, karena saya diantar teman sampai ke halte Ancol, jadi saya tidak bisa menulis wira-wiri untuk baliknya, tapi kira-kira mudahlah untuk dipahami rute wira-wiri ini, kalau masih kurang jelas bisa ditanya ke pak supirnya.

Nunggu sebentar di halte Ancol akhirnya bis nomer 5E datang juga. Di halte Ancol ada stiker tentang free wifi dengan nama enjoyfreewifi, tapi saya cari wifi tersebut tidak ada (sayang sekali).

Demikian pengalaman saya menggunakan bus TransJakarta dan wira wiri semoga berguna bagi yang membutuhkan.

Penulis adalah konsultan IT yang telah berkecimpung di dunia IT sejak 1997, suka teknologi makan rawon dan soto. Mengelolah forum yang masih sepi pengunjung hahaha.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar