Tips Programming: COM Port

Port Com banyak digunakan pabrik atau gudang, seperti scale/timbangan untuk menimbang bahan baku atau karton hasil packing (untuk meminimalisasi kesalahan hitung). Scanner barcode dan qr code yang dipasang pada conveyor, atau bahkan printer karton untuk mencetak nomer karton.

Software yang diperlukan digudang atau pabrik, kemungkinan besar 'diwajibkan' untuk bisa membaca/read dari alat-alat tersebut. Berbagi tips disini, untuk membuat program seperti itu yang wajib untuk dilakukan pertama kali yaitu menyamakan pengaturan com port antara komputer dan alat tersebut atau kita akan mendapatkan data sampah atau tidak ada data sama sekali.

Gambar dibawah menunjukkan tempat pengaturan com port pada komputer dan pengaturannya seperti baud rate, data bits, parity check, stop bit dan flow control. Variabel-variable ini harus sama persis dengan alat yang akan dibaca (scale, barcode, printer)




Penulis adalah konsultan IT yang telah berkecimpung di dunia IT sejak 1997, suka teknologi makan rawon dan soto. Mengelolah forum yang masih sepi pengunjung hahaha.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar