Jalan-jalan ke Jawa Timur

Bertepatan tanggal 17 Agustus 2015 hari libur dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 70 dan cuti sehari, berkesempatan mudik ke Jawa Timur.

Menggunakan pesawat Citi Link yang terbang dari bandara Halim Perdana Kusuma. Bandara Halim Perdana Kusuma tidak seberapa besar, hanya terdapat dua gate keberangkatan didalam ruang tunggu yang hanya satu. Tidak ada delay pada saat itu.
Selama di Surabaya, penulis diajak berjalan-jalan kebeberapa tempat wisata, berikut rangkumannya.

  1. Goa Maria Puhsarang Kediri, dari Surabaya berjarak tiga jam perjalanan dengan mobil pribadi. Letaknya dekat dengan terminal Kediri. Bagi mereka yang beriman Katolik tempat ini boleh untuk dikunjungi. Ada misa tiap Jum'at Legi dan jalan salib yang menggambarkan kisah sengsara Yesus. Disebelah gua Maria nya ada tempat untuk mengambil air suci.
    Goa Maria Puhsarang Kediri
  2. Booking.com
  3. Songgoriti, setelah dari Kediri, perjalanan dilanjutkan ke Songgoriti, tempat wisata terletak di Batu dekat dengan kota Malang menempuh waktu tiga jam juga, melewati daerah Pujon Coban Rondo yang indah pemandangannya. Songgoriti udaranya dingin, lebih dingin dari Puncak Bogor. Penginapan juga tidak mahal, cukup merogoh kantung 250 untuk empat orang dan dapat sarapan pagi.
  4. Alun-alun Batu, untuk santap malam dari hotel di Songgoriti bisa ke Alun-Alun Batu sambil menikmati pasar malam disana, banyak penjual makanan disana, soto, rawon bakso dan lain lain.
  5. Batu Night Spectacular, sehabis santap malam perjalanan dilanjutkan ke Batu Night Spectaculer. BNS adalah wahana hiburan yang terdiri dari taman Lampion-lampion yang indah dan romantis. Ada juga wahana permainan untuk anak dan dewasa (tiket terusan Rp. 100.000).

    Taman Lampion

    Batu Night Spectacular
  6. Pia cap mangkok, perjalanan pulang ke Surabaya bisa mampir ke toko oleh-oleh Pia cap mangkok yang masih hangat baru keluar dari oven.
  7. Pasar Atum, tempat belanja dan kuliner yang sangat melegenda di Surabaya, ada food court dimana bisa ditemukan makanan khas Jawa Timur dan oleh-oleh Sambel Bu Rudy.
    Pasar Atom Surabaya
  8. Es krim Zangrandi, sekalian saat di pasar Atum mampir di salah satu gerai es krim Zangrandi yang terkenal dan tertua di Indonesia, didirikan tahun 1930. Tekstur esnya yang agak kasar menjadi ciri khasnya.Tuti frutti yang sangat terkenal.
  9. Pasar Genteng, tempat belanja oleh-oleh seperti krupuk, emping, ledre, pia gaya bali, almond crispy cheese dan lain-lain. Banyak macam oleh-oleh yang bisa ditemukan di jalanan pasar genteng atau Jl. Pasar Genteng Raya.
    Tempat oleh2 di kanan-kiri Jl Genteng

    Salah satu tempat oleh2 di Genteng
Demikian hasil rangkuman dari jalan-jalan ke jawa Timur.

Penulis adalah konsultan IT yang telah berkecimpung di dunia IT sejak 1997, suka teknologi makan rawon dan soto. Mengelolah forum yang masih sepi pengunjung hahaha.

1 komentar :

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai indahnya indonesia.Benar benar bermamfaat dalam menambah wawasan kita mengenai indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus