Cara Setting Internet CCTV di Rumah

CCTV sekarang banyak digunakan di semua kalangan tidak hanya dikantor, area publik, jalanan bahkan sekarang sudah banyak dipakai di rumah-rumah untuk alasan-alasan tertentu.

Biasanya CCTV terdiri dari kamera dan dekoder. Agar CCTV bisa diakses melalui handphone(android, iOS/Apple) atau laptop/PC maka diperlukan internet dirumah.


Untuk konfigurasinya, dari router tarik kabel LAN ke dekoder CCTV, setting IP statik pada dekoder.
Supaya bisa diakses dari luar (internet luar) maka reuter bisa diset untuk DDNS atau DMZ (demilitary Zone) atau port fowarding nya. Pada dekoder CCTV ada juga yang sudah support fitur untuk DDNS (Dynamic DNS).


ZTE setting DMZ host
ZTE port fowarding

Port Fowarding
WAN start port dan WAN End Port adalah port yang digunakan untuk mengakses cctv dari jaringan internet luar bisa 8080 atau 8081.
LAN Host Start Port dan LAN Host End Port adalah port yang diseting pada CCTV, jadi sesuaikan dengan setttingan CCTV.
LAN Host IP Address adalah ip local (LAN) yang digunakan CCTV, sesuaikan juga dengan settingan CCTV.

DDNS

Untuk ip publik yang tidak statik/selalu berubah bisa menggunakan DDNS. DDNS bisa menggunakan yang free seperti noip.com, register dulu baru setting di router atau cctvnya, atau DDNS punya telkom indihome (speedyddns sekarang menjadi ip-dynamic) dengan biaya mulai 5000 per bulan (free trial tiga bulan). Untuk pelanggan speedy atau indihome. Setting menggunakan DDNS menggunakan speedyddns sangat mudah hanya mendaftarkan no speedy/indihome tanpa setting ke perangkat, karena ip speedy/indohome anda akan tetap dikenali saat berubah.



Bila benar pengaturannya, CCTV bisa dipantau dimana saja selama ada koneksi internet. Penulis disini menggunakan aplikasi xmeye yang terdapat pada google play store.

Penulis adalah konsultan IT yang telah berkecimpung di dunia IT sejak 1997, suka teknologi makan rawon dan soto. Mengelolah forum yang masih sepi pengunjung hahaha.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar